Berbagai Tips Strategi Pemasaran Produk Secara Online

Oct 25, 2018 | glints.com

Berbagai Tips Strategi Pemasaran Produk Secara Online
Strategi pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang harus dipersiapkan oleh seorang pebisnis, baik itu bisnis baru ataupun bisnis lama agar pada saat implementasinya bisa menjangkau calon konsumen yang benar-benar sesuai target dan mampu menghasilkan penjualan yang lebih banyak daripada kompetitor.

Selain itu, salah satu hal yang paling penting dari strategi pemasaran juga adalah bagaimana menerapkannya dengan biaya yang tidak terlalu boros sehingga lebih efektif bagi perusahaan. Terutama, di jaman yang mulai serba digital ini ada banyak sekali tools yang disediakan oleh perusahaan besar, seperti Adwords untuk dapat digunakan sebagai alat pemasaran produk dengan biaya yang dapat diatur sendiri. Salah mengatur, tentu akan menyebabkan pembengkakan pada biaya pemasaran.

Namun, sebelum masuk lebih jauh mengenai tips strategi pemasaran, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu apa sih yang sebenarnya perlu dipersiapkan agar strateginya dapat belajar dengan lancar.

Apa yang Harus Disiapkan pada Saat Merencanakan Strategi Pemasaran?
Persiapan #1: Tentukan Target Konsumen dengan Jelas
Sebelum masuk ke dalam tahapan merencanakan strategi pemasaran, sebaiknya sebagai seorang pengusaha harus mengetahui terlebih dahulu target konsumen / target pasar yang akan dituju. Tanpa mengetahui target konsumen dengan jelas, maka strategi pemasaran tidak akan menjadi lebih efektif. Justru, terkesan hanya menghambur-hamburkan uang.

Menentukan target konsumen dapat dilakukan dengan menganalisa produk apa yang akan dijual. Misalkan, produk yang akan dijual adalah “sepatu”, maka yang harus disiapkan adalah:

- Sepatu apa yang akan dijual? Apakah itu sepatu sekolah, sepatu running, sepatu futsal atau sepatu yang lainnya?
- Jika sepatu sekolah, maka tingkat sekolah apa yang cocok menggunakan sepatu yang akan dijual?
- Berapa umur dan tempat tinggal calon konsumen yang akan membeli sepatu sekolah tersebut?

Persiapan #2: Tentukan Tujuan Akhir Dari Strategi Pemasaran yang Akan Dilakukan
Tujuan akhir akan menggambarkan secara umum apa yang sebenarnya harus dilakukan di dalam strategi pemasaran. Tak heran kenapa persiapan ini menjadi salah satu yang paling wajib. Beberapa tujuan akhir yang dapat menjadi pilihan untuk menyusun strategi pemasaran adalah sebagai berikut:

- Memperkenalkan sepatu dengan nama brand baru.
- Menjual sepatu dengan harga murah.

Poin pertama, biasanya disebut dengan “awareness”, dan poin kedua biasa disebut dengan “acquisition“.

Persiapan #3: Tentukan Channel / Tempat Memasarkan Produk
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pemasar produk adalah tidak mengetahui dengan detail dimana tempat yang bagus untuk memasarkan produk yang akan dijual. Sehingga, semua pekerjaannya akan terasa sia-sia dan tidak menghasilkan apapun.

Oleh sebab itu, melakukan riset mengenai tempat / channel yang tepat untuk memasarkan produk adalah hal yang kruasial.

Pada contoh kali ini adalah sepatu sekolah online. Sebagai penyusun strategi pemasaran yang baik, maka harus mengetahui aplikasi online apa yang sering digunakan anak-anak sekolah untuk bermain, entah itu Facebook, Instagram, Youtube ataupun yang lainnya. Channel tersebut harus ditentukan dengan akurat.

Memang pada kenyataannya sekarang ini, sosial media memiliki banyak sekali pengguna. Tetapi, apakah pengguna itu umurnya sesuai dengan target konsumen produk yang akan dipasarkan? Belum tentu.

Persiapan #4: Pikirkan Tentang Budget
Tidak ada yang bisa menyangkal, budget adalah hal yang paling sering dipertanyakan pada saat menyusun strategi pemasaran produk. Dalam hal ini, yang dapat dilakukan adalah apakah channel pemasaran produk tersebut memerlukan biaya? Jika iya, maka berapa biaya yang harus dikeluarkan dan berapa penghasilan yang dapat diterima dari hasil strategi pemasaran tersebut?

Setelah mengetahui apa saja persiapan yang harus dimatangkan sebelum menyusun strategi pemasaran, kini saatnya benar-benar menyusun strategi tersebut.


(Kredit foto: )