5 Hal Yang Harus Dihindari Sebagai Manager Pemula

Nov 06, 2018 | urbanhire.com

5 Hal Yang Harus Dihindari Sebagai Manager Pemula
Jika Anda mengalami atau saat ini sedang dalam posisi sebagai manager baru, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebagai seorang manager. Tidaklah mudah untuk menjadi seorang manager karena tentu level pekerjaan yang harus Anda hadapi saat ini adalah level yang baru dan berbeda untuk Anda. Banyak hal baru yang harus Anda lakukan dan bahkan pelajari untuk menjadi seorang manager yang handal. Untuk itu Anda harus tahu apa yang seharusnya dilakukan untuk menjadi seorang manager dan bagaimana seharusnya seorang manager melakukan beberapa hal yang dalam memimpin staff di kantornya. Untuk itu beberapa hal yang akan dibahas berikut ini akan sangat membantu Anda untuk mengetahui hal yang harus dihindari sebagai manager pemula dan untuk menghindari beberapa beban yang diakibatkan seringnya orang-orang terbaik yang ada di bawah kepemimpinan Anda pergi untuk bekerja di perusahaan lain.

Untuk itu dibutuhkan beberapa hal sederhana seperti yang akan Anda temukan di bawah ini yang akan membantu Anda sebagai seorang manager baru. Mungkin beberapa kesalahan yang dilakukan oleh manager yang sudah lama menjabat atau memiliki pengalaman juga bisa Anda lakukan sebagai seorang manager yang baru saja menjabat. Untuk itu Anda bisa belajar dari beberapa kesalahan yang dilakukan oleh manager lama dan tidak mengulanginya pada masa kepemimpinan Anda. Untuk mengetahui beberapa hal lebih lanjut mengenai beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika Anda sebagai seorang manager pemula, berikut adalah tips yang akan membantu Anda.

Memilih Karyawan Yang Salah Untuk Bekerja dan Dipromosikan
Sebagai seorang manager, Anda tentu dituntut untuk bisa memberikan penilaian yang tepat atas karyawan yang akan Anda rekrut untuk bisa bekerja dengan Anda. Namun terkadang karena beberapa kesalahan tertentu, maka Anda tidak bisa menilai secara obyektif untuk mempromosikan atau memilih seseorang untuk bekerja di bawah kepemimpinan Anda. Hal ini sangat penting dalam sebuah perusahaan bahwa Anda memilih orang baik yang bekerja secara profesional dan sepenuh hati karena ketika Anda memilih orang yang salah untuk bekerja di bawah Anda, maka beberapa rekan atau orang-orang yang Anda pimpin akan berpikir bahwa Anda memiliki penilaian kurang baik atas orang-orang yang Anda pilih untuk bekerja bersama Anda. Terlebih ketika Anda ternyata mempromosikan orang yang ternyata tidak bekerja secara sungguh-sungguh dibandingkan dengan orang yang sudah sepenuh hati bekerja dengan Anda. Hal ini dapat membuat banyak karyawan yang Anda pimpin berpikir untuk memilih perusahaan lain.

Tidak Menjunjung Tinggi Komitmen
Seorang manager yang baik juga akan menjunjung tinggi komitmen mereka di mata anak buah mereka. Untuk itu, agar Anda dihormati, maka Anda harus menunjukkan dengan sungguh-sungguh bahwa Anda memang menjunjung tinggi komitmen. Dengan cara ini maka Anda bisa menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang terhormat dan dapat dipercaya. Hal inilah yang menjadi dua kunci utama jika Anda ingin membuat citra diri Anda sebagai orang yang memiliki integritas dan berwibawa di mata karyawan. Jika Anda tidak mempedulikan hal ini, maka sudah hampir pasti karir Anda sebagai seorang manager tidak akan lama.

Mengabaikan Karyawan
Hal ini adalah yang hal yang cukup buruk di antara beberapa tindakan fatal yang sering dilakukan oleh para manager yang juga terjadi pada manager baru terhadap karyawan mereka. Karyawan bukanlah robot, melainkan juga manusia yang memiliki perasaan dan butuh untuk dihargai. Untuk itu, Anda harus memberikan penghargaan yang tulus sebagai seorang atasan terhadap para karyawan mereka. Hal inilah yang harus Anda ketahui jika Anda berniat untuk menjadi seorang manager yang tepat dan memiliki profesionalisme kerja yang bagus. Selain itu, perusahaan juga pasti akan membantu para manager untuk bisa profesionalisme dalam pekerjaan dan hubungan secara interpersonal dapat terjaga dengan baik dengan para karyawan.

Tidak Memberikan Penghargaan Terhadap Kontribusi
Tentu saja setiap manusia ingin dihargai dan merasa dihargai adalah salah satu kebutuhan utama seorang manusia yang juga harus diperhatikan oleh seorang manager baru. Untuk itu Anda juga harus cukup peka dan tidak pelit untuk memberikan penghargaan terhadap para karyawannya yang telah melakukan segala sesuatunya dengan sangat baik dan bahkan membantu Anda dengan menunjukkan performa yang sangat baik. Untuk membuat karyawan tersebut semakin bersemangat, maka Anda juga harus menunjukkan rasa penghargaan Anda terhadap kontribusi yang sudah diberikan oleh karyawan Anda.

Memberikan Tekanan dan Juga Beban Pekerjaan Yang Berlebihan
Dari semua kesalahan yang mungkin akan dilakukan oleh manager pemula adalah mengabaikan kemampuan karyawan untuk bisa mengerjakan suatu pekerjaan dengan tenggat waktu yang ditentukan tanpa memperhatikan kemampuan setiap karyawannya. Untuk itu Anda harus tahu lebih banyak lagi mengenai bagaimana caranya agar sebagai seorang manager baru. Memberikan tekanan yang berlebihan atau beban pekerjaan yang jauh melebihi kemampuan yang bisa dilakukan oleh karyawan tersebut hanya akan membuatnya semakin tidak produktif. Untuk itu Anda harus mencari tahu mengenai apa-apa saja yang membuat karyawan Anda merasakan tekanan pada beban kerja yang diberikan dan bagaimana mereka bisa mencari solusi yang efektif untuk menghadapi beban pekerjaan yang berlebihan.

Beberapa hal di atas akan sangat membantu Anda untuk menjadi seorang manager baru yang dihargai dan memiliki wibawa di depan karyawan Anda. Meskipun beberapa hal tersebut tampaknya sepele, jika Anda tidak mulai memperbaiki diri, maka sudah hampir pasti Anda akan dapat meningkatkan performa dari seluruh wilayah atau area yang Anda pimpin.


(Kredit foto: Freepik)